[Artikel]-[Belajar Foto] 2 Kesalahan Besar Saat Memotret Bulan

1st shot : f/5.6; Speed : 2.5 s; ISO : 200 = Hancur

Bulan purnama, malam sedang cerah sedikit berawan, bulan bulat sempurna, warna langit hitam kebiruan terang. Sempurna untuk diabadikan dalam beberapa foto.

Rencana disusun, berharap bisa mengabadikan momen sebulan sekali (jika langit cerah) sekuat lensaku bisa tangkap. Tripod dipasang, seting kamera disiapkan, cari posisi dan shoot, hasilnya? Hancur mengecewakan. Penasaran, setingpun diubah tapi hasilnya tetap sama.  Kenapa ya bulan susah sekali untuk difoto?

2nd shoot : f/5.6; Speed : 13 s; ISO : 200 = Masih Hancur

Inilah Kesalahannya :

1. Setting Aperture yang terlalu lebar

Bulan tidak pernah muncul disiang hari, makanya setingan kamera pada saat memfoto bulan pasti diset untuk night shot, pikirku seperti biasanya  pemotretan malam hari, aperture harus dibuat lebar untuk mendapatkan cahaya lebih banyak ,   justru disini letak kesalahannya,  setingan aperture justru harusnya kecil. Tujuannya adalah memfoto bulan, bukan objek lain dan bulan sudah memiliki cahaya yang sangat terang.

3rd shot : f/4.5; speed: 13 s; ISO : 200 = juga gagal

Penggunaan aperture yang lebar justru malah  membuat cahaya bulan menjadi “explode” dan yang tertangkap hanyalah bulatan putih  menyerupai matahari, sehingga detail bulan sama sekali tidak kelihatan. Olah digital apapun tidak akan bisa menolongnya lagi.  Dari foto pertama dan ke tiga terlihat bahwa memperbesar apperture dari f/5.6 ke f/4.5 malah membuat cahaya bulan semakin ‘explode’. Memfoto bulan dengan aperture lebar ternyata tidak memberikan detail sama sekali.

2. Eksposure Time yang kelamaan

Lagi-lagi setingan night shot kembali menjadi titik kesalahan, penggunaan eksposure time (shutter speed) yang lama (yang biasanya terjadi pada saat night shot) juga tidak begitu tepat, karena bulan ternyata tidak se “diam” kelihatannya, ia bergerak cukup cepat, dan penggunaan shutter speed yang lama  bisa berakibat pergerakan rotasi bulan tertangkap kamera, dan mengasilkan motion blur seperti pada action shot. Meskipun gerakannya sangat kecil tapi cukup untuk mengurangi ketajaman gambar. Foto 2 dan 3 diambil dengan shutter speed selama 13 detik, jauh lebih lama dari foto pertama, dan hasilnya tidak jauh berbeda dengan foto pertama yang diambil menggunakan shutter speed 2.5 detik. Eksposure yang terlalu lama bisa dipastikan menghasilkan gambar yang blur, meskipun dalam foto-foto diatas efeknya tidak terlalu terlihat karena cahaya bulan sudah terlebih dahulu ‘explode’.

Rencana Balas Dendam

Hasil foto diatas mungkin bisa berbeda pada peralatan dan spesifikasi yang berbeda, tapi dari 2 kesalahan sebelumnya terlihat bahwa memfoto bulan memerlukan keterampilan tersendiri, penggunaan seting aperture yang terlalu lebar dan shutter speed yang terlalu lama, bisa dipastikan tidak akan memberikan hasil maksimal. Mungkin rentang yang baik adalah di kisaran f/8 sampai f/16 misalnya, dan shutter speed menyesuaikan.

Masih banyak yang mesti dicoba, namun sementara bulan masih belum terlihat karena selalu terhalang awan hujan dan Purnama masih harus ditunggu. I’ll be back with the result soon. Semoga bermanfaat.

———————–

Update :

Akhirnya berhasil juga memotret bulan, cek di [Galeri] ini, jika berkenan melihatnya..; salam🙂

~ oleh Deden Rosdiyana pada 21/01/2010.

4 Tanggapan to “[Artikel]-[Belajar Foto] 2 Kesalahan Besar Saat Memotret Bulan”

  1. kunjungan balik gan…

    ini karyaku motret bulan, mungkin bisa sharing ya: http://mishbahulmunir.wordpress.com/2010/01/01/foto-gerhana-bulan-purnama-di-tahun-baru-2010/

  2. terimakasih kunjugan baliknya. langsung cek ke TKP ah…

  3. Terimakasih, buat mas misbah, rasa penasaran saya sedikit terjawab. cek aja di blog nya buat gambar bulan yang mantep….

  4. […] yg lalu pernah mencobanya dan gagal. Sebab kegagalannya sempat saya dokumentasikan juga di artikel : 2 Kesalahan Besar Memotret Bulan, silakan dilihat, semoga […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: