[Foto Jurnal] Ilusi Optis [Besar dan Kecil]

Lokasi : Pantura Karawang

Canon EOS 1000D  |  Canon EF-S 18-55mm lens

Apa yang kita lihat bisa mempengaruhi persepsi. Dan persepsi dapat membentuk suatu keyakinan tertentu dalam pikiran. Tapi sayangnya, sudut pandang bisa mempengaruhi penglihatan. Artinya, sudut pandang yang berbeda dapat menghasilkan penglihatan yang berbeda dan persepsi yang berbeda pula. Itulah fenomena Ilusi Optis.

Sebuah contoh ilusi optis, dimana tower listrik ini terlihat sangat tinggi menjulang, karena secara tidak sadar kita  perbandingkan dengan tinggi badan seorang pria di kanan foto. Meski perbandingannya tidaklah proporsional (karena dipengaruhi sudut pengambilan gambar), tapi keberadaan pria di kanan foto, sukses memberikan kesan bahwa tiang listrik tersebut sangat tinggi dan besar.

Betapa rentannya persepsi kita dipengaruhi oleh cara dan sudut kita memandang suatu hal.  Sodorkan saja sesuatu yang terlihat kecil, maka secara otomatis yang berada didekatnya terkesan menjadi besar.  Tidak peduli perbandingannya akurat atau tidak. Melihat gambar ini, sempat sejenak terpikir, entah sudah berapa banyak persepsiku tertipu oleh ilusi optis semacam ini, dan menghasilkan sebuah penilaian yang keliru dalam menentukan kesimpulan, yang akhirnya merugikan diri sendiri.

Mungkin cara terbaik dalam memperbandingkan adalah dengan menyertakan proses pengukuran.

~ oleh Deden Rosdiyana pada 31/12/2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: