[Review] Tambahan Picture Style Pada Kamera EOS Digital

Tentang Picture Style :

Picture style adalah salah satu fitur yang ada dalam kamera EOS DSLR yang memungkinkan pengguna untuk mengatur setingan warna (Color Balance) yang sesuai dengan kondisi pemotretan. Prinsipnya adalah melakukan setingan pada warna (color balance) yang  paling sesuai dengan objek dan tema foto, yang tujuannya adalah untuk  memberikan “penekanan” pada objek foto melalui warnanya.

Lebih jauhnya Picture style ini dapat dimanfaatkan (dengan ditambah pengaturan kontras dan sharpness) untuk mendapatkan “karakter” pada foto. Contohnya pada saat melakukan pemotretan model, tentunya kesan foto yang ingin ditonjolkan adalah warna kulit model yang natural, lembut (tidak terlalu tajam) dan terkesan bersih /sehat. Penekanan terhadap warna kulit ini bisanya lebih ditonjolkan dibanding warna pakaian yang dikenakan model, sehingga foto dapat menjadi lebih menarik dan alami. Contoh lainnya, pada saat pemotretan landscape, foto akan lebih terlihat menarik jika warna birunya langit dan hijaunya dedaunan terlihat lebih menonjol dan artistik. Semua karakter warna, kontras dan ketajaman pada foto bisa diatur dan disimpan dalam preset picture style.

Default Preset Picture Style :

Secara default canon menyertakan 6 preset Picture Style yang bisa digunakan dalam situasi yang berbeda.  Pengguna bisa berpindah dari picture style satu ke yang lainnya dengan mudah pada menu kameranya.  Biasanya ditambahkan beberapa slot preset user default setting (3 slot user setting pada canon 1000 D) yang dapat diubah sesuai selera penggunanya. Berikut tipe picture style default bawaan yang terdapat pada kebanyakan camera EOS :

Tambahan Picture Style yang bisa di download :

Bagi yang merasa ingin berkreasi lebih jauh dengan memanfaatkan picture style, ada tambahan slot user defined picture style selain default preset yang disediakan. preset ini dapat diatur sesuai selera dan kebutuhan.

Selain itu, ada juga picture style tambahan yang bisa didownload dan ditambahkan pada kamera atau sebagai tambahan preset pada sotfware post processing, misalnya canon digital photo professional yang dibundel bersamaan pada paket kameranya. Ada 7 tipe Picture style tambahan yang bisa didownload dan menambahkan keleluasaan untuk memilih tema pada foto. Diantaranya :

File Picture style tambahan tersebut berikut cara penggunaan lengkapnya bisa di download pada link dibawah ini :

Cara Penggunaan :

File Picture Style ini berakhiran *.PF2. penggunaannya ada 2 cara :

1. Diupload melalui software kedalam firmware kamera EOS anda untuk digunakan langsung pada saat pemotretan.

2. Diaplikasikan kedalam software image processing bawaan canon, untuk tambahan preset picture style saat melakukan post processing.

Sofware Image Processing yang kompatibel dengan File ini :

EOS DIGITAL software: Digital Photo Professional Ver. 3.0 dan yang terbaru, EOS Utility Ver. 2.0 atau yang terbaru, dan RAW Image Task Ver. 2.6 atau yang terbaru.

Untuk File Picture Style  “Studio Portrait” and “Snapshot Portrait” hanya kompatibel dengan Digital Photo Professional Ver. 3.1, EOS Utility Ver. 2.1 dan RAW Image Task Ver. 2.7, dan versi-versi yang lebih baru lagi.

Tips Penting :

Untuk bisa memaksimalkan penggunaan picture style ini dalam pemotretan dan kemudahan saat post processing, lakukan pemotretan dalam mode RAW.  Hal ini dimaksudkan untuk menghindari resiko karena kesalahan seting warna, dan memberikan keleluasaan untuk post editing saat anda kurang puas dengan color balance pada hasil foto.  Dengan mode RAW pengguna dapat dengan leluasa melakukan penggantian picture style saat melakukan post processing untuk mendapatkan hasil warna/gambar yang paling memuaskan.

Selamat bereksperimen.

sumber content dan gambar : http://www.canon.co.jp

About these ads

~ oleh Deden Rosdiyana pada 03/01/2010.

18 Tanggapan to “[Review] Tambahan Picture Style Pada Kamera EOS Digital”

  1. trimakasih mas deden… tulisanya inspiratif banget buat pemula seperti saya..
    saya sudah coba download dan praktekan yang dari http://www.canon.co.jp..
    lalu saya coba buat sendiri pake picture style editor.. saya pake canon 450d, saya ingin hasilnya seperti jepretan IR pake picture style… tapi saya masih bingung soal setingan di sw picture style editor tentang pengaturan sharp, hue/saturation, mixed warnanya.. mohon saran dan bagi pengalaman mas deden.. trimakasih sebelumnya

    • Halo om prophagandi, makasih udah mampir n berkomentar..

      Waah mantap nih mainannya dah ber IR ria, saya sendiri belum ke tahap tersebut, tapi saya coba jawab aja yah, maap kl kurang berkenan..
      Sebenarnya picture style dan picture style editor bukanlah software photo editing, melainkan preset untuk setingan warna, kontras, sharpnes dan tone. karena hanya preset, maka jangkauan adjusmentnya tidaklah seluas software editing. Namun sah-sah saja apabila preset ini dimaksimalkan untuk menciptakan style yg tergolong cukup ekstrim seperti IR.

      Berikut perbandingan foto yg saya coba adjust dari picture style editor dan DPP :
      Sebelum :

      sesudah :

      setingan nya :

      catatan :
      – base adjusmentnya saya edit dari PS-EMERALD, dengan pengaturan seperti pada gambar 3. – brightness foto harus di “under” sampai mendekati 2 stop karena hasilnya akan terlalu terang.

      Kesimpulan :
      entah karena skill saya yg terbatas atau kurang maksimal, tapi menurut saya hasilnya kurang terasa “IR” mas, mungkin bisa didapat hasil lebih baik jika menggunakan software pengolah foto.
      Namun saran saya, jika memang hobi foto IR, pertimbangkan untuk memasang Filter IR didepan lensa, (biasanya filter IR72 untuk membuat daun menjadi hitam/ungu dan langit menjadi putih khas IR, dari berbagai merek sudah banyak tersedia) jadi foto yg dijepret memang sudah IR dari aslinya (hasil filtering oleh filter dan disimpan di RAW filenya). Pasti hasilnya lebih maksimal, dan penggunaan software baik picture style editor, DPP atau yg lain sifatnya hanya menambah sentuhan akhir, supaya lebih sesuai seleranya mas..

      Ada cara lain lagi, yaitu dengan melakukan oprekan pada Body camera, untuk yg satu ini memang lebih “serius” sifatnya, jadi lebih baik oprekannnya dilakukan oleh yg sangat ahli dan mungkin biayanya juga lebih mahal dari membeli Filter IR.
      Terus terang ini hanya sharing pengetahuan saja, soal IR memang saya sendiri tidak banyak mengeksplornya.. yah, mudah2an bisa membantu sedikit..
      semoga berkenan mas…. terus berkarya dan salam jepret….

    • hmm,,,,Om,,,bisa nanya ??kalo kita edit RAW pake DPP ,,,trus setelah kita save,,,,trus kita buka di Picture Style Editor kok balik ke awal lagi ya ???

  2. hahaha mas deden bisa aja.. saya baru tau istilah IR jg kemaren2 (maklum anak kemaren sore).. cuma agak tertarik aja sama warna2nya yang katakanlah meleset tapi kok tetep enak dilihat..

    btw terimakasih banyak tutorialnya mas deden..
    sudah saya coba dan sangat membantu.. setidaknya sambil menabung untuk beli filter heheheh..

    oprek body.. saya juga pernah denger yg harlim ver.xx sampai ver.xx apa ya kalo gag salah, itu jg menurut crita temen2 sih.. tapi berhubung kamera kredit dan belom lunas jd blom brani hihihi…

    sekali lagi maturnuwun sanget… selalu saya tunggu artikel barunya…

  3. ada link picture style ir yg bisa di download ga??

  4. om.. bisa minta hasil ir nya yg di atas ?

  5. boleh minta picture style IR ?
    email: cheunleong@gmail.com

  6. permisi bang..numpang tanya kalo mode picture stlye ini hanya untuk mode RAW saja ato bisa kita aplikasikan ke format JPEG juga?

    • picture style ini bisa diaplikasikan pada keduanya…
      hanya saja untuk Mode RAW, hasil jepretan masih bisa kita olah secara fleksibel, apabila hasil picture style yg kita pakai terasa belum sreg di hati…
      Hasil foto masih bisa kita edit, termasuk mengganti picture style (menerapkan picture style lain) pada hasil foto dengan format RAW…
      yaah hitung-hitung sambil bereksperimen om… dan itu menyenangkan loh… :)
      selamat bereksperimen…

  7. picture style ir yang mas bikin diatas dah ok buangettt…
    diupload donk mas, biar kita2 bisa coba juga? hehehe…

  8. Untuk download softwarenya Digital Photo Professional Ver. 3.1 dimana ??

    • Untuk Link download saya masih belum sempat nyari…
      karena saya mendapatkan software tersebut langsung dari CD program bawaan kameranya om…
      terimakasih..

  9. ko untuk 450D tidak tersedia??

  10. punten kang deden mo tanya,
    klo pic style editor tuh berupa software terpisah apa sdh ad d canon utility? sy coba buka d canon utility kok ga bs kbuka,padahal camera dah sy sambungkan dgn pc. mksh sbelumnya.

  11. Mantap…

  12. Bro, mau tanya dong.. tentang tool palette yg ada diatas sini, supaya jadi terlihat IR seperti itu, cara setting warnanya gmn ya? Soalnya saya coba2 kenapa tiap kotak cuma bisa warna, sedangkan punya u kan ada 4 kotak,7 warna (kotak ketiga hitam 2)

    Lalu pertanyaan kedua bagian setting HSL, kenapa saya ga bisa ngubah kotak yang sebelah kanan yah bro?

    Thanks :)

  13. bahasan yg berguna

  14. mantep om artikelnyaa…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: